Belajarblogspot News :
Home » » Masih Pentingkah Anchor Text Untuk Backlink?

Masih Pentingkah Anchor Text Untuk Backlink?

Written By pono susanto on Sabtu, 11 Agustus 2012 | Sabtu, Agustus 11, 2012

Relevansi anchor textBacklink masih saja menjadi dasar bagian penting dari optimasi blog(SEO) kita, karena Semakin banyak backlink maka situs tersebut bisa di katakan semakin populer dan mempunyai peringkat dimata search engine, namun itu semua tergantung dari mana link tersebut berasal dan seberapa kualitas link tersebut mengarah kesitus atau blog kita. Namun faktor dasar dalam membangun backlink yang tidak dapat kita abaikan adalah anchor text, karena Setiap kita membangun link selalu di mulai dan dilengkapi dengan teks jangkar atau anchor teks ini dalam menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya, baik meninggalkan link berbagai situs/blog lain maupun dalam membangun inbound link dalam blog kita sendiri, dengan begitu kata kunci yang sudah kita bidik dalam link tersebut semakin kuat di hasil pencarian search engine(SERP).
Namun sekarang algoritma search engine selalu berubah-ubah khususnya google, maka teknik optimasipun akan ikut berubah terutama link building seiring perkembangan algoritma search engine yang semakin baik dan kompleks.
namun sekarang yang menjadi pertanyaan adalah "masih pentingkah anchor teks untuk backlink pada algoritma search engine Google yang paling baru ini?
dan Bagaimana search engine Google sendiri dalam menilai relevansi Link ini?, baik asal maupun tujuan link tersebut.

Sebelum kita melanjutkan dalam menyimpulkan pentingnya anchor text untuk backlink sekarang, mari kita lihat bagaimana Google dalam menilai relevansi Link ini?, baik asal maupun tujuan link individu tersebut.

Baru-baru ini, search engine Google melalui Matt Cutts( kepala dari Google Webspam team) telah mengumumkan bahwa mereka secara bertahap akan mengurangi penilaian terhadap sebuah judul link pada anchor teks sampai memiliki efek minimal pada backlink, Banyak sumber mengatakan dan memberikan infographs tentang gambaran masa depan seo terutama link building - dan itu jelas menunjukkan bahwa anchor text mengalami
penurunan daya guna dalam link building.

Berikut struktur dalam anchor text yang menjadi sorotan search engine google dalam menilai kualitas link(anchor text):

1. Text Title.
Judul text jangkar atau yang lebih dikenal anchor text adalah sebuah text yang berguna sebagai keyword atau kata kunci
yang di dalamnya termuat sebuah link, namun apakah judul text/kata kunci yang termasuk link tersebut relevan terhadap situs yang di tuju link tersebut.

2. Konten sekitar link.
Konten yang mengelilingi link anchor text tersebut yang digunakan untuk mendapatkan link di situs lain,
Pada dasarnya, kita melihat dua faktor utama paling berpengaruh yaitu sebagai berikut:

#. Page Title /Judul halaman.
Adalah sebuah judul halaman yang bisa kalian lihat di bagian atas paling kiri dari browser yang kalian gunakan, Ini akan memberikan kalian sebuah gambaran langsung tentang halaman web apa yang kalian ingin letakan link beserta anchor teksnya, Hal ini sangat mempengaruhi
link oleh halaman secara keseluruhan, Sebuah link yang berasal dari
halaman dengan tag dan judul sangat relevan akan memberi dampak besar dalam kualitas link.
#. Konten body.
Tubuh body adalah seluruh artikel yang ditulis di halaman web - di mana link tersebut selalu ditempatkan, pada bagian atas dari konten ini bisa dibilang penempatan link terbaik. Ini juga digunakan oleh
search engine Google dalam menilai kualitas dari struktur anchor text itu sendiri dimana link tersebut tertuju, namun hal ini tetap berpedoman pada relevansi link itu sendiri.

3. Relevansi antara judul anchor text dan link.
Dalam beberapa hal relevansi antara title anchor text dan link sering tidak kita perhatikan dalam meninggalkan link di situs lain, karena dari sini kualitas link sangat berpengaruh terhadap backlink itu sendiri, namun bagi search engine terutama google sangat menilai kualitas asal link itu sendiri apakah relevan antara title anchor text dengan link yang terkandung di dalamnya hingga link tersebut tertuju ke web page atau halaman mana, sehingga kualitas link tersebut berkualitas terhadap SEO kita terutama link building.

Dari beberapa pokok poin di atas menurut saya sendiri anchor text sangat perlu buat bahan dasar dalam membuat sebuah link di halaman web/blog lain, terutama dalam dasar link building, minimal link tersebut relevan mulai title anchor, kandungan link di dalam nya, asal link hingga tujuan link tersebut, sehingga hasil link tersebut berkualitas dan dapat menunjang SEO blog kita dalam link building dan blog maupun situs kita terhindar dari predikat web spam bila kita bangun secara asal-asalan.

Untuk sobat blogger silakan di tambahin hasil kesimpulan di atas dan kita bisa saling berdiskusi tentang post di atas.
Share this article :

9 komentar:

Hzndi mengatakan...

waduh, walaupuun nilainya dkurangi tetapi ane rasa masih penting,

Hzndi mengatakan...

hadir lagi dimari sob, yang lain pada kemana nih :)

Pingwarsito mengatakan...

Terima kasih sudah berbagi. Pengetahuan ini sangat penting buat saya yang masih baru di dunia website dan Blog.

eCommerce Web Development mengatakan...

Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

Dhiyas kn mengatakan...

Wah njimet harus musti gini gitu.. Kalo gak terbiasa repot ya.. Nice info mas..

Obat Tumor mengatakan...

mantaf ini info... keren gan ? sip

rafi ani mengatakan...

waduh,,masih pusing,,, T_T

rafi ani mengatakan...

masih pusing mas..
tapi kalau diliat ada banyak jasa yang nyediain blog cmmenting ya,,

Distributor Pulsa Elektrik mengatakan...

kunjungan perdana gan...ijin menyimak skaligus menimba ilmunya...ok...support u...!! thanks

Translate

 
Powered : Belajarblogspot
Copyright © 2011. BelajarBlogspot - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
powered by Blogger