Belajarblogspot News :
Home » » 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Di Google Webmaster Tools.

7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Di Google Webmaster Tools.

Written By pono susanto on Senin, 11 Juni 2012 | Senin, Juni 11, 2012

Google Webmaster Tools adalah sebuah layanan gratis yang memungkinkan para webmaster dan blogger untuk menganalisa performa situs Web maupun blog mereka, banyak sekali tools yang di sediakan guna memaksimalkan dan menganalisa situs kalian.

Berikut  7 Fitur dan tools di google webmasters yang harus kalian gunakan secara hati hati agar terhindar dari kesalahan dan tidak menggangu SEO blog kalian.

1. Fitur Target Geografis.
Fitur Penargetan Geografis merupakan fitur yang memungkinkan kalian untuk menampilkan link situs maupun blog kalian ke lokasi negara tertentu, namun fitur ini akan maksimal jika domain situs kalian berkategori seperti .Com, .net, .Org, .info dan lain lain, sementara itu telah dikonfigurasikan jika memiliki TLD negara tertentu, Jadi misalnya situs maupun blog kalian menetapkan Geographic Target ke kanada, maka secara positif dapat mempengaruhi peringkat situs kalian di negara tersebut yaitu di Google.ca ,Sehingga jika kalian menetapkan fitur ini maka akan menurunkan peringkat situs kalian pada versi Negara Google lainnya. Jadi ini berarti bahwa kalian mungkin dapat meningkatkan peringkat situs kalian di Google.ca, tetapi kalian juga dapat menurunkan hasil peringkat situs kalian pada Google.com dan Google.co.id.

Jadi jangan menggunakan fitur ini kecuali website atau blog kalian menargetkan hanya pada orang-orang dari negara tertentu seperti misalnya beberapa ppc seperti google adsense atau chitika yang memiliki nilai klik tinggi di negara tertentu seperti kanada, maka aktifkan fitur ini hanya digunakan situs web untuk target pengguna dari negara tersebut jika kalian ingin menargetkannya.

2. Kirim peta situs.
Google memungkinkan Anda untuk mengirim peta situs ke search engine google dan ini akan mempercepat pengindeksan situs web kalian,
namun Meskipun ini adalah fitur yang besar sekali pengaruh nya untuk SEO onpage blog kita untuk sebagian besar webmaster,namun dalam beberapa kasus dapat menyebabkan dua masalah utama.

#. Masalah pertama adalah bahwa kadang-kadang XML Sitemaps muncul di Hasil Pencarian, jadi jika kalian tidak ingin pesaing kalian dapat melihat pastikan kalian zip dan menyerahkan versi zip di Google. ini Juga jelas tidak harus memakai nama file "sitemap.xml" cukup menambahkan URL mereka pada file robots.txt situs kalian.

#. Masalah kedua muncul ketika kalian mengirim peta situs guna indeks sejumlah halaman. Meskipun Peta Situs akan membantu isi situs maupun blog kalian terindeks ke hasil pencarian dengan cepat,tetapi kalian haris membatasi dengan limit tertentu.
sebagai contoh postingan artikel blog kita berjumlah 100 posting, jika kalian mengirim peta situs berkali kali maka jumlah postingan kalian akan bertambah 2 kali lipat di hasil pencarian search engine google dan ini bisa terdeteksi spam untuk situs kalian.

#. Masalah ke tiga adalah duplikat URL, dimana kalian mengirimkan peta situs berkali kali pada posting yang sama.

Jangan lupa bahwa Update algoritma Pinguin menargetkan terutama di situs dengan konten berkualitas rendah yang ingin mencoba untuk mendapatkan ratusan  indeks halaman sangat cepat.
Jadi jika kalian ingin menghindari sandbox maka gunakan secara wajar fitur ini untuk mengekspos isi dan setruktur situs kalian pada search engine, maka mulai sekarang harus ekstra hati-hati dengan file sitemap dan jika kalian tidak ingin mencapai batas wajar pengiriman Sitemaps yang di tetapkan google.

3. Mengatur Tingkat Crawl
Google memberikan fitur di google webmasters yaitu kemampuan untuk men-setup seberapa cepat atau lambat Googlebot untuk menjelajahi situs Web yang kalian inginkan. Hal ini tidak hanya mempengaruhi tingkat penjelajahan, tetapi juga jumlah tingkat crawler halaman yang diindeks setiap hari. Jika kalian memutuskan bahwa kalian ingin mengubah pengaturan default dan mengatur dengan nilai kustom maka tingkat merangkak yang sangat tinggi dapat mengkonsumsi semua bandwidth server situs kalian dan menciptakan beban yang signifikan dan akan mengurangi kesegaran dan jumlah halaman yang dijelajahi.

Untuk webmaster maupun blogger yang paling dianjurkan adalah membiarkan Google menentukan sendiri tingkat crawler dan penjelajahan.

4. Crawler Akses
Pada fitur Akses Crawler, Google memberikan kita kesempatan untuk melihat bagian mana dari situs kita yang diperbolehkan untuk dapat dijelajahi oleh robot Google. Juga memberi kita kesempatan untuk Menghasilkan sebuah file robots.txt dan meminta Penghapusan URL. Fitur-fitur ini adalah alat yang kuat di tangan pengguna yang berpengalaman, namun kesalahan konfigurasi dapat menyebabkan bencana pada hasil SEO situs kita.

Jadi sangat disarankan untuk tidak memblokir setiap bagian dari situs kalian kecuali kalian memiliki alasan yang sangat baik untuk melakukannya dan kalian tahu persis bagaimana kinerja URL yang ingin kalian hapus tersebut.
 
5. Parameter penanganan
Pada fitur ini Google menyajikan tools kepada kita parameter URL terpopuler yang dilewatkan ke halaman situs kita. Dalam Penanganan Parameter konsol Google memungkinkan kita untuk memilih apakah parameter tertentu harus "Diabaikan", "Tidak Diabaikan" atau "Biarkan Google memutuskan".

#. parameter.
Parameter dari Id Id produk untuk Sesi dan dari parameter Google Analytics untuk variabel halaman navigasi. Parameter-parameter dalam banyak kasus dapat menyebabkan  masalah duplikat konten (untuk Sesi contoh ID atau Google Analytics parameter),
sedangkan dalam kasus lain adalah Sebuah kesalahan konfigurasi pada konsol ini dapat menyebabkan hasil yang buruk pada SEO situs kita karena dapat membuat halaman indeks Google terjadi duplikat konten atau membuatnya turun dari halaman-halaman indeks search engine google.
Inilah sebabnya mengapa sangat dianjurkan untuk membiarkan Google memutuskan bagaimana menangani setiap parameter, kecuali kalian benar-benar yakin pada parameter tertentu apakah itu harus dihapus atau dipertahankan.

Buat kalian ini bukan cara yang tepat untuk menangani duplikat konten. Hal ini sangat dianjurkan untuk bekerja dengan struktur link internal situs kalian, gunakan URL redirect 301 dan rel=Canonical
sebelum kalian mencoba untuk membiarkan atau memblokir parameter tertentu.

6. Sitelinks.
Sitelinks adalah link yang muncul di beberapa hasil pencarian di SERPs untuk membantu pengguna menavigasi situs agar lebih mudah. sitelinks dikenal untuk menarik perhatian pengunjung adn algoritmnya dihitung berdasarkan struktur link website dan anchor text yang digunakan. Melalui fitur di Google Webmaster Tools fitur ini mampu memblokir Sitelinks yang tidak relevan, yang ditargetkan atau berguna bagi pengguna.

Gagal menghapus sitelinks tidak relevan atau menghapus sitelinks yang salah dapat mengakibatkan RKPT yang rendah di Search Engine Results dan dengan demikian mempengaruhi hasil SEO situs kita.
 
7. Perubahan alamat atau domain baru.
Perubahan Alamat situs kita hanya tersedia untuk domain dan bukan untuk subdomain atau sub direktori. Dari fitur ini kita dapat dapat mentransfer nama situs kalian dari domain tertentu ke yang baru. Sebagian besar pengguna tidak akan pernah perlu menggunakan fitur ini namun jika Anda menemukan diri dalam situasi ini Anda perlu untuk melanjutkan dengan hati-hati. Menggunakan pengalihan URL atau redirect 301 dan pemetaan halaman lama ke yang baru sangat penting untuk melakukan transisi kedomain yang baru.

Hindari menggunakan fitur ini ketika domain lama Anda telah dilarang atau dibanned oleh Google karena alasan tertentu dan selalu diingat bahwa mengubah nama domain blog kalian akan memiliki dampak besar pada hasil SEO situs kita terutama resiko hilangnya pagerank.

Ringkasan.
Google Webmaster Tools adalah sebuah layanan besar karena menyediakan semua sumber daya yang diperlukan untuk webmaster untuk mengoptimalkan, memantau dan mengontrol situs Web mereka, Namun hati-hati diperlukan saat mengganti konfigurasi standar karena kesalahan bisa menjadi sangat fatal terhadap hasil SEO dan eksistensi blog kita.
Share this article :

14 komentar:

Muro'i El-Barezy mengatakan...

mantabss tipsnya sob, trimakasih sudah berbagi

Ganis Sebastian mengatakan...

wah...mangteb..lengkap dan komplit ulasannya..jadi sangat berpengaruh pada blog kita ya gan nantinya..

Rasito Rasta mengatakan...

Saya pernah mengganti H1 blog saya, lalu di webmaster tool pada HTML improvements muncul duplicate meta descriptions, apakah ini berpengaruh pada SERP Google, untuk mengatasinya bagaimana?

ARTIS mengatakan...

Wah ini tips-trik yang saya cari, terima kasih telah berbagi, salam kenal persahabatan

SHARE AJA mengatakan...

Kesalahan-kesalahan tersebut apa fatal sifatnya mas bro, kalau fatal bagaimana cara memperbaikinya ? Salam kenal persahabatan, maaf newbie

http://topik-umum.blogspot.com/2012/07/samsung-galaxy-nexus.html mengatakan...

wew makasih atas informasinya bro, kaau fatal apakah ada solusinya?

Hzndi mengatakan...

tipsnya mantaf bro

em jey mengatakan...

postingan nya sangat bagus gan.cocok buat aku yang baru belajar ngeblok

Kraeng Francisco mengatakan...

Trima ksih sudah membantu dalam hal ini,

agil95en mengatakan...

makasih infonya sob :D

Supercoolzz mengatakan...

waduh saya masih bingung mas yg Mengatur Tingkat Crawl
caranya gimana itu?

eCommerce Web Development mengatakan...

Very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.
Gr8…Keep it up!!!!

obat tumor mengatakan...

mantaf ini info... keren gan ? sip

omkriscom mengatakan...

Apakah meta tag google domain lama di template blogspot harus dihapus, jika sudah ada domain baru...?

Translate

 
Powered : Belajarblogspot
Copyright © 2011. BelajarBlogspot - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
powered by Blogger