Belajarblogspot News :
Home » » Keuntungan Dan Kerugian Kontes SEO Bagi Blogger.

Keuntungan Dan Kerugian Kontes SEO Bagi Blogger.

Written By pono susanto on Senin, 04 Juni 2012 | Senin, Juni 04, 2012

Dalam beberapa bulan terakhir banyak advertiser yang melakukan promosi produk maupun situs barunya dengan bekerjasama bersama publiser/blogger untuk berpartisipasi pada kontes SEO yang diadakan advertiser dalam berpromo, ajang seperti ini bagi peserta/blogger merupakan kesempatan yang tidak bisa mereka lewatkan, Apabila kita berpartisipasi dalam kontes SEO apakah kita sudah memikirkan beberapa dampak positif maupun negatif yang kita dapat pada blog kita dalam berpartisipasi pada kontes semacam ini .
Berikut beberapa keuntungan dan kerugian kontes SEO bagi blogger(peserta)

1. Keuntungan dari segi materi.
Dalam kontes SEO banyak sekali blogger yang berpartisipasi di karenakan biaya pendaftaran yang gratis dengan hadiah yang disediakan penyelenggara dengan jumlah lumayan besar,kita di tuntut hanya membuat artikel tentang review produk dengan kata kunci yang mereka tentukan selanjutnya kita optimasi artikel tersebut dan harus menduduki halaman atau peringkat pertama di hasil pencarian dengan kata kunci dan tenggang waktu yang mereka tentukan.

Kerugian:Dari sekian banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam satu even kontes SEO membuat persaingan memperebutkan hadiah semakin sempit karena saking banyaknya peserta,karena pada dasarnya penyelenggara tidak membatasi jumlah peserta, sehingga antara hadiah yang di perebutkan tidak sebanding dengan jumlah peserta.

2. Keuntungan dari segi optimasi.
Dengan mengikuti kontes seo kita bisa mengukur kualitas optimasi pada blog terutama artikel yang kita perlombakan, sehingga kita bisa mengukur kualitas SEO blog kita,dengan mengikuti kita bisa mengasah/melatih kemampuan teknik optimasi yang kita miliki,disamping itu kita akan mendapat hadiah apabila teknik optimasi tersebut bisa bertahan pada peringkat pertama di hasil pencarian pada waktu yang mereka tentukan.

Kerugian:
pada dasarnya selama kita mengikuti kontes SEO kita akan mengoptimasi sebuah kata kunci yang sudah di tentukan oleh penyelenggara,kadang pada beberapa blogger yang mungkin baru pertama mengikuti akan mengoptimasi tanpa rambu rambu yang di tentukan oleh google agar bisa bertahan di peringkat pertama di hasil pencarian.

#. Backlink.
Dalam mengoptimasi kata kunci yang di perlombakan mungkin hal pertama yang dilakukan adalah memakai teknik linkbuilding dan salah satunya adalah mencari backlink, contohnya:

-Berkomentar di blog dofollow/nofollow.
Dengan berkomentar kita akan mendapat backlink gratis namun banyak peserta yang berkomentar dengan cara yang tidak wajar yaitu dengan berkomentar memakai anchor text dan link hidup di kolom komentar,dengan begini termasuk komentar spam.

-software instan backlink dan jasa backlink.
Dari sini banyak peserta yang mendapat backlink asal-asalan atau non kualitas dan relevan dengan anggapan yang penting bisa bertahan di peringkat pertama serp. karena dengan begini bisa terjadi over backlink pada blog kita dalam waktu singkat dan dampaknya google akan membaca blog kita sebagai web spam sehingga kemungkinan besar artikel atau blog kita akan masuk google sandbox.

3. Outbound link sia sia.
Jika kita mengikuti kontes SEO banyak penyelenggara mengharuskan atau memwajibkan para peserta mencantumkan banner maupun link yang mengarah kesitus mereka yang tidak relevan dengan niche maupun isi blog kita,dengan begini akan menguntungkan mereka karena mereka akan mendapat banyak backlink dari peserta kontes,memang ini suatu syarat buat peserta kontes namun dampak negatif nya sangat signifikan sekali terhadap SEO blog kita.

Inti post peringatan kontes SEO.

Dari si Kaspar Szymanski (Hunting web spam in Google Search results and spearheading Google’s webmaster outreach efforts) sendiri juga pernah menyoroti tentang even Kontes SEO yang sering diadakan di Indonesia yang menurutnya “terlarang”.

Berikut kutipan "peringatan" dari halaman G+ si Kaspar:
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Sejak beberapa waktu yang lalu Google Search Quality telah mengamati
kontes-kontes SEO di Indonesia. Kami menyadari beberapa kontes ini
membahayakan bagi para website yang berpartisipasi. Kontes dengan kata
kunci rill seperti “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” atau “UltrabooknNotebook Tipis Harga Murah Terbaik” terbukti melanggar Google Webmaster Guidelines (Peraturan Webmaster Google) [http://goo.gl/7tTe6]. Kami sudah mengambil tindakan secara manual sambil menunggu algoritma kami mulai beraksi. Saya sarankan para #webmaster yang menjaga baik-baik reputasi website nya untuk menghindari kontes-kontes semacam ini. Webmaster yang ingin melakukan perbaikan harus memastikan bahwa website mereka mematuhi Peraturan Webmaster Google terlebih dulu sebelum mengajukan rekonsiderasi.
[http://goo.gl/sGoku].
14-maret-2012
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dari beberapa tanggapan serta penjelasan singkat si Kaspar, sebenarnya kontes SEO tidak dilarang, selama kata kunci yang akan diperlombakan tidak riil. Tidak RIIL di sini maksudnya adalah kata kunci yang belum
pernah ada sebelumnya atau memiliki hasil pencarian NOL pada hasil penelusuran.

Banyak kontes SEO yang diselenggarakan di luar negeri salah satunya seperti Sgdashhousedotcom, dan kontes dari lokal seperti lokaGogo2011 Kobamusaji, semua hasil pencarian sebelum dimulai kontes adalah NOL, sehingga tidak akan menganggu hasil pencarian normal.

“sesuai” aturan
Google yang di kutip si kaspar seperti di atas Sebenarnya sederhana dan mudah sekali Jika website atau blog kalian tidak ingin dianggap web spam oleh Google, langkah pertama adalah menurunkan atau
menghapus artikel kontes yang sekiranya “bermasalah”.

Bagi kalian yang suka mengikuti kontes SEO alangkah baiknya kalian mempertimbangkan dampak negatif dan positif terhadap blog kita, sebaiknya memilih kontes SEO dengan bijaksana dan optimasi secara wajar dan jangan berlebihan apalagi dengan memakai teknik blackhat, agar hasil optimasi SEO kita dalam kontes bisa maksimal, Jangan gara-gara kita mengikuti kontes cuma ingin mendapatkan hadiah dari penyelenggara dengan modal 1 artikel, satu domain terkena dampak negatifnya.

Saya pribadi sekalipun belum pernah mengikuti kontes SEO yang pernah diadakan karena saya sendiri belum pintar tentang teknik optimasi dan masih belajar sampai sekarang.
Share this article :

11 komentar:

Galeoncore mengatakan...

wow sangat mantab mas bero isinya, terimakasih atas info barunya

guru belajar mengatakan...

ah aku juga belum pernah ikut kontes SEO...Cape

Dede Rukmana mengatakan...

Memang sob keuntungan dalam segi materi cukup menjanjikan namun katanya karena banyak kata kunci yang sama maka google bisa menilai blog tsb menjadi spam makanya saya tidak ikutan. Dapat ilmu baru juga disini dan salam kenal juga

pono susanto mengatakan...

bener banget mas..trims tambahan n kunjunganya..

Steve niklas mengatakan...

nice blog checkout mine on

http://www.onjokes.blogspot.com

feel free to leave a comment

emiertips.info mengatakan...

Hati-hati kena ban mbah Google

SHARE AJA mengatakan...

Dari segi prosentase, berapa perbandingan keuntungan dan kerugiannya mas bro ? Maaf newbie nih ...

Francisco Xavier mengatakan...

Nice Blog....thx

pulsa elektrik mengatakan...

wah jadi bingung nih setelah membaca artikel nya

Terapi Ion Elektrik mengatakan...

Jadi intinya ga boleh menghalalkan segala cara buat mendapat bangku pertama di om google..

Obat Tumor mengatakan...

mantaf ini info... keren gan ? sip

Translate

 
Powered : Belajarblogspot
Copyright © 2011. BelajarBlogspot - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
powered by Blogger